Monday, February 06, 2006

Kamu tertarik untuk Bikin Web ?

Untuk bisa bikin web nggak begitu susah kok. Bahasa programming yang mendukung pembuatan web juga mudah dan beragam. Mulai dari yang simple sampai yang paling kompleks. Apalagi saat ini sudah banyak software pendukung, terutama untuk mendisain tampilan web. Kamu bisa pakai Dreamweaver, Flash, Adobe Photo Shop, atau yang paling sederhana dengan Front Page.

Dasar pembuatan web yang harus kamu pahami ada empat. Pertama kamu harus tahu pembuatan halaman web dasar dengan script HTML. Ini masih dasar banget. Bahkan kamu bisa nulis scriptnya di notepad. Namun untuk lebih advance lagi gunakan Dreamweaver aja. Kemudian kehandalan HTML bisa kamu gabungin juga dengan penggunaan javascript. Biar web yang dibuat lebih menarik.

Yang kedua perlu dipahami adalah design grafis, atau tampilan dari web itu sendiri. Akan berbeda ketika kamu pakai Flash atau Adobe Photo Shop, untuk buat design yang menarik. Bisa dengan menambahkan animasi, atau hanya sekedar permainan gradasi warna. Tapi khusus untuk yang ini dibutuhkan juga jiwa seni (selain kegigihan).

Memahami web programming, yang ini syarat ketiga. Tujuannya agar web yang kita buat lebih dinamis. Atau dengan kata lain orang yang menggunakannya bisa ikut berinteraksi dua arah dengan web kita. Contohnya, pada penggunaan forum, email, games, atau blog ini sendiri. Kamu bisa belajar bahasa PHP (free), ASP, JSP, atau banyak lagi. Hanya saja yang saya sebutin tadi yang mudah digunakan.

Yang terakhir, mirip dengan yang ketiga, kamu harus tahu tentang database. Karena mau tidak mau saat kita akan menggunakan data. Contoh saat kita buat forum diskusi, maka data-data yang ada akan disimpan dalam database. Aplikasi database yang ampuh dan mudah digunakan, MYSQL. Ada juga yang sudah besar, ORACLE. Atau kamu bisa juga gunain Micr.Access. tenang aja gampang kok.

Nah... itu dia sedikit pengetahuan sebelum bikin web, insya Allah dilain waktu akan saya bahas satu per satu tentang pembuatann web diatas, secara praktis dan sederhana. Atau kalo kamu dah nggak sabar, masuk aja ke Link yang ada di blog ini, ilmukomputer, students.stttelkom.ac.id, atau search aja di google. [top]
OMG! it's a great article, Share Oh!


0 komentar:

 

Followers

Social Share

[ttm]. topan tambunan menulis Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal