Wednesday, March 21, 2007

Debat Kusir, jangan

Debat kusir sering digunakan orang sebagai istilah untuk diskusi yang tak berguna dan tiada habisnya. Merupakan gabungan dari dua kata, yaitu debat dan kusir. Debat bisa kita artikan dialog aktif dua arah, atau diskusi. Sedangkan kusir itu yang mengemudikan delman, kendaraan zaman dulu yang pakai kuda sebagai penariknya, pasti semua sudah tahu. Bahasa lainnya delman, dokar, sado, atau apalah namanya. Lalu apa hubungan debat kusir ?

Ini cerita yang saya tahu. Coba kita ingat-ingat bagaimana posisi duduk kusir, posisinya membelakangi penumpang, atau menyamping. Karena jika berhadapan dengan penumpang sadonya bisa jadi nabrak. Jadi dari sudut pandangnya saja sudah berbeda, dilihat dari posisi duduknya dengan penumpang.

debat kusir saya artikan sebagai dialog antara kusir dengan penumpangnya.
Contoh pecakapan :
Penumpang : “wah…. Pemandangannya bagus ya…” (disamping jalan ada sawah terhampar luas..)
Kusir : “apanya yang bagus bu, dari tadi yang diliat Cuma jalan lurus aja kok, bosenin” (pandangan kusir kedepan, yang ada cuma jalan lurus).

Ya nggak nyambung…!! Dan kalau dilanjutin, bakalan makin ngelantur.
Atau ada contoh lain.

Misal pak kusir tiba-tiba kentut, otomatis alirannya langsung ke penumpang (karena membelakangi tadi). Nah, penumpang akan bertanya, “bapak kentut ya…kok saya nyium bau kentut sih pak !! ”, tanya penumpang. Pak kusir berkata, “ah… perasaan nggak…ini mah bau kotoran kuda”, (karena kusir langsung menghadap pada pantat kuda). “nggak kok saya yakin ini bau kentut”, timpal sang penumpang. “lho ibu jangan nuduh saya gitu dong, saya nggak nyium bau kentut, yang saya cium kotoran kuda”, sanggah kusir. “oohhh…. Gitu, jadi bapak nggak mau ngaku kalo udah ngentutin saya”, kata penumpang, “kalo gitu saya turun disini aja…”, kata penumpang marah (padahal emang sudah nyampe tempat tujuan). “oi… bu, bayar dong, kok maunya gratisan”, kata kusir makin panas. “enak aja, saya nggak mau bayar gara-gara nyium kentut bapak !!”, kata penumpang sambil kabur sewot.

Tuh..kan makin nggak bener. Ini Cuma ilustrasi dari debat kusir. Diawali dengan sudut pandang yang nggak nyambung, ditambah lagi masing-masing pihak egois, lalu diakhiri dengan pertengkaran.
baca selengkapnya...


OMG! it's a great article, Share Oh!


Monday, March 19, 2007

Perkembangan Teknologi vs Regulasi ICT

Perkembangan teknologi secara global saat ini sangat pesat. Namun sayangnya indonesia tidak sepenuhnya bisa mengikuti perkembangan itu. Selain karena faktor keilmuan yang masih minim, ada juga masalah dukungan pemerintah lewat aturan hukum yang tidak seiring sejalan dengan teknologi itu sendiri. Sehingga penerapan teknologi mutakhir di Indonesia sering tidak up to date.

Dari pengertiannya regulasi itu sendiri, ternyata masih banyak pihak yang berselisih. Yang sering dilakukan oleh pemerintah adalah menjadikan regulasi berisi larangan-larangan yang seharusnya dilakukan setiap pelaku IT. Padahal dari pandangan praktisi dan dunia industri, regulasi seharusnya mengatur, bukan sekedar melarang, bagaimana penerapan teknologi dilakukan. Sedangkan masyarakat umum, justru menjerit karena ternyata regulasi yang ada seharusnya berorientasi untuk memperjelas kontribusi penerapan teknologi bagi kesejahteraan masyarakat. Lalu bagaimana sebetulnya pengertian dari regulasi itu sendiri ?

Dampak dari ketidakjelasan ini salah satunya adalah, permainan kepentingan pihak tertentu. Kalau dari sudut pandang dunia industri pengaturan yang diharapkan pasti menyangkut cakupan bisnis mereka. Termasuk bagaimana persaingan dengan provider lainnya, dan bagaimana keuntungan bisa mereka peroleh. Masyarakat tentunya menginginkan adanya kejelasan nasib mereka jika teknologi diterapkan. Misalnya saja bagaimana pemerintah masih setengah hati untuk menerapkan teknologi Voip, karena alasan berpengaruh negatif bagi industri telekomunikasi yang lain. Padahal masalahnya ada pada biaya yang murah, Voip jelas memiliki biaya lebih murah dibanding telepon yang umum digunakan saat ini. Seharusnya regulasi yang dibuat bisa mengatur penerapan teknologi Voip bagi telepon murah, agar masyarakat kelas bawah juga bisa menikmati teknologi.

Regulasi ICT tenyata tidak semudah yang kita bayangkan. Banyak hal yang akan berkaitan disana. Sampai dimana batasan ICT itu sendiri, masih sangat luas. Kalau dulu kita bisa saja mengartikan pertukaran suara (voice), lewat media tembaga. Tapi sekarang sudah semakin canggih. Tidak hanya suara, tapi disana juga ada data, yang bisa berarti image, document, music & video, dan banyak layanan lainnya. Dan tidak hanya itu, medianya pun sudah berkembang menggunakan frekuensi. Bahkan teknologi ini bisa saja terintegrasi melalui jaringan, perangkat lunak, phone, dan perangkat elektronik lainnya. Sehingga pertanyaannya adalah bagian mana dari teknologi ini yang harus diatur dan bagaimana cara mengaturnya ?

Perkembangan teknologi justru bisa terhambat karena tidak adanya regulasi. Dan ini sudah kita rasakan ketika pembahasan RUU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) yang dilakukan pemerintah dan DPR semakin berlarut-larut. Padahal RUU ITE itu sangat penting keberadaannya untuk mengatur transaksi elektronik yang sering kita lakukan di Internet. Akibatnya Indonesia masih tidak bisa mengakses e-commerce untuk transaksi dunia, atau dengan kata lain kita belum bisa beli barang lewat internet.

Kondisinya saat ini, pemerintah selalu terlambat dalam melihat perkembangan teknologi. Dan memiliki respon yang lambat untuk bisa membuat regulasinya. Alasan SDM selalu menjadi kambing hitam permasalahan, walaupun saat ini pembahasan regulasi terkadang telah melibatkan masyarakat IT. Tapi tetap saja dengan pengetahuan yang minim dari SDM pemerintah tentang teknologi, ditambah lagi pembahasan yang dilakukan selalu berlarut-larut. Belum lagi para regulator terkesan mempolitisir aturan-aturan yang ada, demi kepentingan politik atau bisnis.

Sekarang tinggal itikad baik dan komitmen dari semua pihak (termasuk pemerintah) untuk mendukung perkembangan IT di tanah air. Tidak dilakukan setengah hati seperti halnya yang dilakukan pemerintah untuk IGOS(Indonesia Go Open Source). Karena dengan begitu para pengembang teknologi pun akan melakukan riset dan penengembangan dengan sepenuh hati. Tentunya demi kemajuan bangsa, bukan pengusaha.
baca selengkapnya...


OMG! it's a great article, Share Oh!


Friday, March 16, 2007

Prinsip Umum Perancangan User Interface

Tampilan visual merupakan hal yang penting dalam interaksi manusia dan komputer. karena keberadaan komputer adalah untuk membantu pekerjaan manusia. sehingga komputer dalam tampilan visual dimonitornya tersebut harus memenuhi beberapa klasifikasi, agar mudah mengerti manusia. kalau bahasa aslinya komputasi itu bilangan biner, maka bingung juga tuh kalau bit-bit yang ada tidak interpretasikan kedalam visualnya manusia. salah satu tujuannya simple saja, yaitu karena ingin informasi yang disampaikan lewat komputer itu mudah dipahami. dan kalau kita bicara tampilan maka bisa berarti tampilan software yang kita buat, atau tampilan web yang kita buat, atau yang lainnya.

kita akan coba akan melihat apa yang oleh Deborah J. Mayhew, dengan General Principles Of UI Design, atau dalam bahasa kita adalah Prinsip Umum Perancangan User Interface. ada 17 prisip yang harus dipahami para perancang sistem, terutama untuk mendapatkan hasil maksimal dari tampilan yang dibuat. anda tidak perlu bingung dengan apa yang dimaksud tampilan, karena salah satunya adalah tampilan web ini.

apa saja prinsip itu ?

yang pertama adalah User Compatibility, yang bisa berarti kesesuaian tampilan dengan tipikal dari user. karena berbeda user bisa jadi kebutuhan tampilannya berbeda. misalnya, jika aplikasi diperuntukkan bagi anak-anak, maka jangan menggunakan istilah atau tampilan orang dewasa.

selanjutnya dengan Product Compatibility, istilah ini mengartikan bahwa produk aplikasi yang dihasilkan juga harus sesuai. memiliki tampilan yang sama/serupa. baik untuk user yang awam maupun yang ahli.

Task Compatibility, berarti fungsional dari task/tugas yang ada harus sesuai dengan tampilannya. misal untuk pilihan report, orang akan langsung mengartikan akan ditampilkan laporan. sehingga tampilan yang ada bukanlah tipe data (dari sisi pemrogram). coba kalau pilihanya database, grafik, evaluasi (dimana ketiga hal itu sebenarnya adalah laporan), ribet !

bisa kebayang kalau tampilan yang ada hanya untuk satu pekerjaan saja. misal untuk kirim mail, kita harus membuka tampilan tersendiri untuk daftar alamat. repot. sehingga UI harus mempermudah alur kerja kita. seperti yang anda rasakan sekarang banyak aplikasi bisa dalam satu tampilan. ini disebut Work Flow Compatibility.

harus konsiten dong !! ya dalam perancangan interface ternyata dikenal juga istilah konsisten/Consistency. contohnya, jika anda menggunakan istilah save yang berarti simpan, maka gunakan terus istilah itu. kalau yang tidak konsisten, kadang menggunakan save, kadang simpan, atau apalah.

Familiarity, untuk contoh ini saya akan contohkan dengan icon. anda pasti akan lebih familiar jika mengartikan icon disket sebagai perintah untuk menyimpan. maka jangan ganti dengan gambar kuda, mana ada yang tau kalau itu untuk simpan.

jangan bikin tampilan yang ribet, apalagi banyak tanya. cuma mau kirim email, tapi malah nanya amplopnya besar atau kecil? suratnya kilat? mungkin untuk solsusinya sediakan pilihan default. ini namanya Simplicity, semua kompleksitas.

user akan lebih suka dengan Direct Manipulation, manipulasi secara langsung. misalnya anda tidak perlu menuliskan sintax yang repot hanya untuk mempertebal huruf, cukup dengan ctrl+B.

Control, berikan kontrol penuh pada user, tentunya dengan sebaik mungkin dan jangan sampai merusak sistem. tipikal user biasanya tidak mau terlalu banyak aturan.

WYSIWYG, What You See Is What You Get, buatlah tampilan mirip seperti kehidupan nyata user. dan pastikan fungsionalitas yang ada berjalan sesuai tujuan. user ingin tempe jangan dikasih tahu (red : pasti bingung dg istilah ini).

ini masalah tool/alat yang bisa digunakan user. jangan hanya terpaku pada keyboard saja atau mouse saja. Flexibility, bisa saja keduanya digunakan, atau malah lebih canggih dengan touch screen.

tampilan yang dibuat harus ada responnya. misal, yang sering kita lihat ketika ada tampilan please wait... 68%..., ini namanya Responsiveness. jadi user tidak dicuekin saja ketika ada operasi yang dilakukan.

Invisible Technology. sebagai programmer handal kita tidak boleh sombong (dan harus tetap rajin nabung). user tidak penting mengetahui algoritma apa yang kita gunakan, max sort, bubble sort, quick sort, atau apa sort, walaupun itu bagian dari keahlian. yang user tahu cukup fungsinya yaitu untuk sorting. Tampilkan fungsionalitas, sembunyikan teknologi.

Robustness itu artinya handal, bisa mengakomodir kesalahan user. jangan malah error, apalagi sampai crash.

Protection adalah melindungi user dari kesalahan yang umum dilakukan. misalnya dengan memberikan fitur back atau undo.

Ease of Learning. tanpa harus ada pelatihan, tanpa harus baca tutorial, tanpa harus sekolah tinggi-tinggi, user sudah bisa menggunakan tampilan aplikasi buatan anda. mudah dipelajari.

Ease of use. harus mudah digunakan. seperti halnya menggunakan fungsionalitas yang ada di keseharian kita. misal tombol yang ada, harus mudah dong nekennya, nggak usah pake tenaga ekstra.

itu 17 prinsip yang dikenal dalam pembangunan User Interface. sebenarnya ke-17 prinsip itu tidak untuk diterapkan semuanya. karena ada beberapa point justru saling menghilangkan. misalnya saja untuk point control, pasti akan menghilangkan point simplicity. prinsip ini pun sebenarnya hanya dilakukan berdasarkan penilaian tidak objektif dari perancang. walaupun ada juga parameter terhadap karekteristik dari user, tapi menurut saya tetap saja subjektif.
baca selengkapnya...


OMG! it's a great article, Share Oh!


Monday, March 12, 2007

Komentar terakhir atau Postingan Terakhir

untuk blog-blog yang sifatnya selalu ter-update setiap saat diperlukan informasi tentang apa yang telah di update. hal ini sering terjadi pada postingan atau recent comment (komentar terakhir). berikut ini cara termudah menyajikan informasi tersebut, dengan memanfaatkan sindikasi konten (RSS feed) yang merupakan fasilitas dari blogger.

komentar terakhir ?

pada dashboard, klik link layout atau pilih tab page element. lalu klik add a page element pada bagian layout tamplate blog anda. pilih opsi feed untuk kemudian anda add. masukkan alamat URL ini, http://namablogAnda.blogspot.com/feeds/comments/default.
mudah khan !! jangan lupa untuk disave.

postingan terakhir ?

tidak jauh berbeda dengan contoh diatas, tinggal anda merubah URL-nya menjadi, http://namablogAnda.blogspot.com/feeds/posts/full
selesai...

memang yang akan tampil maksimalnya hanya 5 yang terakhir, karena ini standart maksimal dari blogger itu sendiri. namun untuk link yang saya jelaskan diatas juga bisa berlaku untuk blog orang lain. misal blog anda ingin menampilkan postingan atau komentar terakhir dari blog topantambunan, maka caranya sama saja, itulah RSS(sindikasi konten).

sumber lebih lanjut ada di : http://hackosphere.blogspot.com/
baca selengkapnya...


OMG! it's a great article, Share Oh!


Saturday, March 10, 2007

Pernak Pernik Blog

Untuk melanjutkan permintaan rekan-rekan yang ingin lebih mendalami pernak-pernik blog, saya akan coba bahas bersama disini. terutama pernak-pernik yang saya gunakan atau yang pernah saya gunakan. sebetulnya untuk keterangan lebih lanjut sudah banyak terdapat didunia internet, tinggal tanya sama mr.google.

Pesan singkat
mirip seperti sms atau chatting, layanan ini biasanya disebut message box atau shout box atau apalah namanya. fungsinya untuk meninggalkan pesan berupa komentar, kenalan, caci maki, atau apapun. saya menggunakan layanan gratis dari oggix.com, sebenarnya masih banyak layanan lainnya, silahkan cari sendiri.


caranya mudah. anda harus mendaftar dulu sebagai user. kemudian login, dan ikuti langkah-langkah untuk membuat shout box. dari langkah-langakah tersebut anda bisa menentukan bentuk, warna, serta style lainnya. setelah itu, jangan lupa untuk meng-copy-paste source code yang ada ke blog anda.

gallery foto
ini bentuk dari pamer tampang. banyak layanan gratis yang bisa anda gunakan untuk menyimpan foto didunia maya. ada dua penyedia layanan yang saya suka, picasaweb.google.com atau flickr.com, terserah mau pilih yang mana saja. keduanya gratis juga.

untuk pengguna flickr.com, anda bisa login menggunakan user yahoo.com. sedangkan bagi pengguna picasa, bisa login dengan user gmail.com (masih satu keluarga). kebetulan untuk blog ini saya gunakan link ini untuk bisa tampil gaya-gaya-an. mungkin anda bisa mencobanya, karena ini cukup menarik. ada lagi yang bisa anda coba juga adalah picturetrail.com.

Music
seperti biasanya, sebenarnya banyak penyedia layanan music online, tinggal tanya mr.google. tapi yang pernah saya gunakan adalah layanan gratis dari radioblog. cukup mudah menggunakannya, tanpa harus registrasi.
untuk keterangan lebih lanjut, silahkan ikuti petunjuk yang ada di kolom "blog this track". kalau lagu, dapat anda cari sesuai keinginan, berdasarkan judul atau penyanyi.

okeh, itu dulu saja, saya yakin akan cukup menarik jika anda tambahkan sebagai pernak-pernik bagi blog anda. selamat mencoba.
kalau ada yang tidak bisa, silahkan kita diskusikan.
baca selengkapnya...


OMG! it's a great article, Share Oh!


Friday, March 09, 2007

Awas YouTube Palsu

masalah keamanan sistem termasuk salah satu fenomena yang harus dicermati. keamanan terhadap sistem dapat dilihat dari sisi hardware maupun software. tapi kebanyakan aplikasi internet lebih menyinggung pada aspek software.

salah satu bentuk keamanan terhadap aplikasi internet adalah jaminan terhadap akses halaman web. kasus terbesar pernah terjadi pada akses terhadap layanan www.klikbca.com. pihak lain yang tidak bertanggung jawab membuat duplikasi halaman web ini, dengan tampilan yang serupa dan mampu menerima login dari user. nama situsnya pun memanfaatkan kesalahan penulisan user, dengan nama kilikbca.com atau clickbca.com atau kilkbca.com, dan banyak lainnya.

hal ini juga ternyata dialami oleh YouTube, situs aslinya adalah youtube.com. situs ini memberikan layanan seputar video secara online. tapi jika anda salah ketik menjadi youtobe.com. maka yang terbuka situs lain, langsung redirect ke ganges.com.
atau kesalahan lainnya, coba dengan youtub.com, maka muncul situs lain tentang video juga.

anda bisa membayangkan ketika ini terjadi pada situs e-commers , atau aplikasi e-banking. seperti yang dialami klikbca.com, situs palsunya mampu menampung user yang sudah terlanjur login, padahal disitus yang salah. hasil login berupa user name dan password pun berhasil di simpan, dan kemudian terserah yang nipu, mau digunain atau tidak.

untuk rekan-rekan penggunan internet (termasuk romaito), jangan sampai tertipu dengan ini, berhati-hatilah.
baca selengkapnya...


OMG! it's a great article, Share Oh!


Thursday, March 08, 2007

Untuk Kita Renungkan


Untuk Kita Renungkan (Ebit G Ade)

Kita mesti telanjang dan benar-benar bersih,
suci lahir dan di dalam batin
Tengoklah ke dalam sebelum bicara,
singkirkan debu yang masih melekat
Singkirkan debu yang masih melekat

Anugerah dan bencana adalah kehendakNya,
kita mesti tabah menjalani
Hanya cambuk kecil agar kita sadar,
adalah Dia di atas segalanya
adalah Dia di atas segalanya

Anak menjerit-jerit asap panas membakar,
lahar dan badai menyapu bersih
Ini bukan hukuman hanya satu isyarat,
bahwa kita mesti banyak berbenah

Memang bila kita kaji lebih jauh
Dalam kekalutan masih banyak tangan
yang tega berbuat nista,

Tuhan pasti telah memperhitungkan,
amal dan dosa yang kita perbuat,

Kemanakah lagi kita ‘kan sembunyi,
hanya kepadaNya kita kembali
Tak ada yang bakal bisa menjawab,
mari hanya tuk bersujud padaNya

Kita mesti berjuang memerangi diri,
bercermin dan banyaklah bercermin
Tuhan ada di sini di dalam jiwa ini,
berusahalah agar Dia tersenyum
berusahalah agar Dia tersenyum

cord : D A7 G A7 D (2x)
baca selengkapnya...


OMG! it's a great article, Share Oh!


Sunday, March 04, 2007

Link List pada New Blogger

Sebenarnya pembahasan ini sudah sedikit basi, tapi karena permintaan dari banyak teman, maka saya akan coba mengupasnya dengan bahasa orang awam saja. harapan mudah dimengerti.

sebelumnya anda harus pastikan dulu bahwa account yang anda miliki adalah New Blogger,

jika benar, maka tampilan dashboard akan mirip seperti diatas. kemudian anda bisa memilih layout untuk opsi mengedit tampilan blog.
setelah itu akan muncul tampilan template, yang menampilkan visual layout yang atraktif dari blog anda. coba pilih Add a Page Element, untuk mendapatkan pilihan page tambahan "pernak-pernik" blog.



akan muncul berbagai macam tambahan untuk blog secara mudah, salah satunya adalah link. selain itu ada picture, untuk RSS, dll.
anda tinggal memilih Add To Blog pada Link List, untuk membuat daftar link pribadi anda.




nice, begitu mudah dan simple hingga anda mendapatkan cara termudah membuat link list sendiri, tanpa harus coding. Judul list pada title, kemudian ada opsi untuk pengurutan (sorting), lalu anda tinggal menuliskan URL dan nama linknya lalu klik Add Link.



untuk mengedit link atau menghapusnya, juga sudah bisa dilakukan dengan mudah. jangan lupa meng-klik save changes, untuk menyimpan perubahan yang anda lakukan.

Bagaimana Membuat Link dengan Code HTML ?

tapi bagaimana dengan anda yang belum punya New Blogger? jangan khawatir, kita pakai saja cara paling praktis (tapi memang tidak mudah...) yaitu dengan meng-edit code HTML dari blog anda.
cobalah untuk mengamati pola pembuatan menu pada script blog anda, dengan melihat tanda
yang mirip isinya dengan nama konten pada blog.
lalu tambahkan saja
baru untuk link anda. sedangakan cara menulis linknya seperti ini :
<a href='http://topantambunan.blogspot.com/index.html' title='Home'>blog</a>


href berisi URL dari link yang akan anda tuju, sedangkan blog merupakan nama link anda tersebut. gmana mudah bukan ?

ada yang mau menambahkan info ini ?
baca selengkapnya...


OMG! it's a great article, Share Oh!


 
There was an error in this gadget

Followers

Social Share

[ttm]. topan tambunan menulis Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal