Saturday, October 14, 2006

10 Tips Mudik Cerdas

Buat para kabinet BEM's/anak STT Telkom yang sudah bersiap-siap untuk pulang, tidak ada salahnya kalo kita mempersiapkan kepulangan kita dengan sebaik-baiknya. apalagi mayoritas mahasiswa di STT Telkom adalh anak rantau, pasti persiapannya pun akan makin banyak. Berikut ini MenKo akan coba memberika tips-tips singkat, agar kita bisa mudik dengan tenang. perhatikan dengan seksama pernyataan ini,

1. Persiapan Mental
mahasiswa mudik ke rumah masing-masing, apalagi pas liburan, pasti banyak pemikiran-pemikiran yang akan timbul. misalnya, ketakutan kalo ortu sampai tahu IP kita, pastinya liburan ceria akan penuh dengan nasihat dan ceramah. atau karena bulan ini pengeluaran kita terlalu besar (maklum bulan ramadhan, banyak bu-bar), mungkin juga karena kita ketemu dalam keluarga kondisi kurus kering plus sakitan. dampak dari kemungkinan diatas akan sangat berpengaruh bagi suasana liburan kita. selain sisi negatif, kita juga harus mempersiapkan mental dari sisi lain yang mungkin positif. misalnya kondisi banyak teman-teman yang kangen karena sudah lama tidak bertemu, terkesan kita akan seperti selebritis di kampung halaman. atau mungkin kawan dan saudara jauh yang jarang ketemu, kemudian ngajak kita kumpul bareng, otomatis ada traktirannya juga, bisa gawat nih. oke, untuk alasan ini, maka kita perlu persiapan mental, karena kemungkinan diatas bisa terjadi pada siapa saja.

2. Persiapan Fisik
tips ini terutama bagi para pemudik yang rumahnya jauh, atau bawaannya banyak, atau yang bodinya pas-pasan. persiapan fisik bisa kita lakukan minimal 2 minggu sebelum kepergian mudik kita. kita ambil contoh iman(nama samaran), mahasiswa STT Telkom yang berasal dari makasar, tapi kebetulan memiliki fisik yang lumayan kecil. dan karena orang jauh, iman dititipkan oleh ortunya dengan pesanan yang sangat banyak. tapi dengan semangat gigih, iman telah giat berolahraga (lari pagi, renang, fitnes, dll) untuk mempersiapkan kondisi fisiknya. dan karena persiapan itu, iman berhasil melewati perjalanan mudiknya dengan baik.

3. Jangan lupa Bawa makan+minum
karena perjalanan yang akan kita lalui bisa memakan waktu yang lumayan lama, maka ada baiknya kita sekaligus membawa makan (mungkin makanan kecil) sebagai pengganjal perut dijalan. tapi jangan lupa bawa minumnya juga, kalau tidak nanti makanan yang kita makan malah mengganjal leher. lalu jangan sembarangan menerima pemberian orang asing (yang tidak dikenal) diperjalanan, misalnya memberikan makan atau minum, tolaklah pemberian itu dengan sehalus mungkin. atau kalau memang sudah tidak tahan, bisa saja diterima dengan syarat yang memberi harus makan duluan (jadi kalau ada racunnya, bisa sama-sama keracunan).

4. Bawa Penghibur
untuk mudik dengan rute yang jauh, sangat dimungkinkan akan menemukan kebosanan dijalan. cobalah membawa hiburan favorit anda, untuk melepas kebosanan selama dijalan. misalnya membawa mp3 player, buku bacaan, majalah, atau media postingan (bagi yang maniak posting). bisa juga bermain bersama penumpang lainnya, misalnya main kartu, halma, ular tangga, tak umpet, atau tak jongkok. dijamin perjalanan mudik anda akan semakin mengasyikkan.

5. Bawa Plastik
tips yang ini khusus untuk pemudik yang suka mabuk darat, laut maupun udara. contohnya muntah. selain itu cobalah untuk meminum obat anti mabok, agar kita tidak merugikan orang lain

6. Packing barang dengan baik
jangan terlalu banyak membawa barang untuk mudik. karena selain akan memberatkan kita, barang yang banyak tersebut akan sulit untuk diawasi. tipsnya, adalah dengan melakukan penge-pakan barang sehemat mungkin. tidak perlu membawa barang-barang yang tidak perlu. dan kalau perlu gunakan tas yang besar.

7. Beri kabar
kita tidak akan tahu kondisi perjalanan kita, bisa saja terjadi musibah atau hambatan diperjalanan. untuk itu kita perlu memberi tahu keberangkatan kita kepada orang terdekat (misalnya ortu atau teman). informasi berupa waktu keberangkatan, kendaraan yang digunakan (lengkap dengan identitas kendaraan), dan estimasi perjalanan (kalau perlu jalurnya). sehingga ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, akan cepat diketahui.

8. Bawa uang secukupnya
ingat pesan bang NAPI, untuk itu jangan bawa uang terlalu banyak. kita bisa memperkirakan uang yang kita butuhkan selama perjalanan. sehingga tidak perlu bawa uang yang berlebihan. sama halnya dengan perhiasan, disarankan untuk tidak memakai perhiasan selama perjalanan. tapi kalau memang nekat, silahakan saja, sekalian pamer.

9. harus tetap waspada
sebagai pemudik yang baik, kita harus tetap memperhatikan kondisi sekitar kita. dengan tetap terjaga terhadap kondisi yang mencurigakan. sebagai contoh, mahasiswa bernama soni(nama samaran), yang sering tidur dikelas, kemudian tertidur juga di dalam bis. akhirnya malah kelewatan saat sampai ditempat tujuan. kasihan betul soni, padahal bawaannya banyak, maklum pulang ke kampung.

10. Do'a
ini yang terakhir dan paling utama. jangan sampai kita terlupa untuk ber-tawakal kepada Allah. setiap langkah kita akan terhitung sebagai pahala, karena niatan kita untuk menjalin silaturahim dengan saudara-saudara kita. untuk itu dengan kekuatan hati kita mohonkan pada Allah agar perjalanan mudik kita aman dan lancar, serta membawa berkah, amiiin.

Untuk para anggota kabinet BEM, jangan lupa bawa oleh-oleh, terutama untuk MenKoPolkum. Siapa tau dengan begitu mudik kita tahun ini akan makin bermanfaat dan berkah.

OMG! it's a great article, Share Oh!


0 komentar:

 
There was an error in this gadget

Followers

Social Share

[ttm]. topan tambunan menulis Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal