Friday, October 02, 2009

Serba Open Source

Pertama kali mendengar istilah opensource, maka yang langsung ada dibenak saya adalah Linux. Saya tahu Linux itu adalah system operasi saingan Windows, yang opensource. Tapi ternyata, saat ini banyak sekali aplikasi lainnya yang masuk dalam kategori opensource, baik untuk bidang web, multimedia, sampai keperluan document atau office. Ini membuktikan makin pesatnya perkembangan software opensource. Bahkan dari segi fungsionalitasnya, software opensource berkualitas baik. Bahkan untuk aplikasi server pun jauh lebih baik. Kita bisa melihat dengan banyaknya hostingan untuk server web yang memakai Linux, php, mysql, apache dan aplikasi opensource lainnya.

Seperti halnya saya dulu baru mengenal linux, masyarakat pun saat ini masih enggan untuk beralih menggunakan aplikasi opensource. Walaupun semua orang (saya yakin) tahu bahwa aplikasi bajakan yang selama ini mereka pakai adalah tidak baik, tidak halal, membajak, dan tidak mendidik. Tapi apa boleh buat, saya ataupun kita mungkin masih terlalu takut dan enggan untuk menggunakan aplikasi opensource. Persepsi kita, aplikasi opensource itu susah menggunakannya, kualitasnya murahan (mungkin karena gratis), susah mencari tempat bertanya, dan berbagai kesulitan lainnya. Padahal kalau kita ingat pertama kali belajar menggunakan computer, kita juga mengalami kesulitan yang sama.

Pola pikir “serba sulit” ini sudah terlanjur beredar liar dimasyarakat kita, mungkin masyarakat dunia pada umumnya. Kampanye penggunaan opensource pun dilakukan tidak untuk mengenalkan kemudahan, tapi justru menambah bingung orang awam, dengan mekanisme dan istilah-istilah aneh. Saya sedikit percaya dengan saran seorang teman yang bilang bahwa ini cuman masalah kebiasaan saja. Atau kalau saya lebih percaya lagi, karena aplikasi opensource masih berkembang, jika semakin mudah digunakan pasti semakin menarik. Contohnya, saat ini kita sudah mulai melirik beberapa distro linux seperti Ubuntu atau Open Suse, yang menurut saya mudah digunakan.

Bagi masyarakat awam tidak terlalu penting apa itu opensource. Bagi mereka yang penting aplikasi yang ada bisa mempermudah aktifitas yang dilakukan. Ayo kita mulai dari lingkungan terdekat kita untuk mulai menggunakan aplikasi opensource. ;)


gambar di ambil dari : www.valeriovalerio.org

dengan sadar dan penuh kejujuran saya nyatakan bahwa :
Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.
;D
OMG! it's a great article, Share Oh!


2 komentar:

bandit™perantau on Monday, 05 October, 2009 said...

semoga menang... :D

Saya juga gak mudheng sama opensource

Unknown on Tuesday, 06 October, 2009 said...

thanks doa nya ;D

klo ngak mudeng, sering2 aja dateng ke blog ini, nanti saya bakalan upadate juga cara2 singkat nya ;D,
lumayan lah klo tertarik gunain linux...

 

Followers

Social Share

[ttm]. topan tambunan menulis Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal