Tuesday, April 04, 2006

Indonesia & Australia

Berita seputar hubungan Indonesia-Australia, saat ini sangat hangat. Indonesia sebagai negara kesatuan yang berbentuk kepulauan (nusantara), terbentang dari sabang sampai merauke. Tentu saja dengan luasnya wilayah teritorial tersebut, akan menimbulkan pula banyak kelemahan. Seperti yang terjadi di propinsi papua saat ini, dimana kepercayaan rakyat papua terhadap pemerintah makin menipis. Para ‘pengibar’ bendera bintang kejora pun mulai gencar kembali menawarkan pemerintah untuk melepaskan bumi papua dari NKRI.
Tapi kondisi ini justru gayung bersambut dengan sikap Australia yang membuka tangan bagi para pencari suaka dari papua ke australia. Sebenarnya apa maunya autralia ? ini pasti menjadi pertanyaan mendasar. Memang ada aturan internasional yang diterapkan bagi para pencari suaka ke suatu negara. Namun kondisinya justru cukup panas saat ini. Karena ada bumbu tambahannya, baik itu kartun SBY atau larangan berpergian.
Pemerintah harus mengambil tindakan yang tegas, sebelum negara lain terlalu jauh ikut campur dalam permasalahan dalam negeri kita. Jangan sampai kenangan manis bersama timor leste akan terulang lagi bagi bumi papua. Kalau sudah seperti itu maka yang lainnya akan lepas juga. Lalu kalau sudah begitu siapa yang dipuaskan ?
OMG! it's a great article, Share Oh!


0 komentar:

 
There was an error in this gadget

Followers

Social Share

[ttm]. topan tambunan menulis Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal