Friday, April 28, 2006

Kampus dan Kebersamaan

Saat ini permasalahan yang terjadi disekitar kita(kampus), sudah semakin banyak dan pelik. Bahkan ada kecenderungan setiap permasalahan yang ada itu saling berhubungan, yang membuat kompleksitasnya semakin kuat. Mulai dari masalah personal sampai masalah lembaga, mulai dari kemahasiswaan sampai akademik, mulai dari fasilitas sampai budaya riset, dan segudang permasalahan lainnya.

Yang lebih bermasalah adalah kondisi dimana setiap permasalahan tersebut masih belum mampu disatukan. Setiap elemen kampus yang ada masih menganggap permasalah ini hanya milik DPM saja, BEM saja, HMJ saja, atau UKM saja. Sehingga masing-masing pihak hanya memikirkan saolusi untuk diri mereka sendiri saja. Ketika fragmentasi ini terjadi untuk skala kegiatan kemahasiswaan, maka dipastikan akan muncul kekecewaan baru. Walaupun secara sepihak kita bisa mengatakan bahwa masalah telah terselesaikan.

Sudah saatnya kini kita mulai merubah pola pandang kita agar lebih menyeluruh, memandang setiap masalah dari sudut pandang yang berbeda. Mampu memposisikan diri kita sebagai orang lain, yang mendapatkan masalah. Setelah itu akan muncul proses analisa terhadap masalah yang ada, disertai pula munculnya ide-ide untuk dijadikan solusi. Selanjutya perlu juga dilakukan konsolidasi sebagai bentuk penyatuan persepsi dan kebersamaan, dari setiap elemen kampus yang ada. Sehingga menjadikan permasalahan yang terjadi itu adalah permasalahan bersama kita. Tentunya harus menghasilkan pula solusi bersama. Langkah bersama ini akan sangat penting untuk membawa kondisi kampus ini pada proses perbaikan bersama, dimana perubahan akan tetap terjadi dengan adanya solusi dan pergerakan bersama.
OMG! it's a great article, Share Oh!


0 komentar:

 
There was an error in this gadget

Followers

Social Share

[ttm]. topan tambunan menulis Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal