Tuesday, May 01, 2007

Kepemimpinan


Dalam tatanan kehidupan manusia, sosok pemimipin itu termasuk fitrahnya manusia. minimal dia bisa memimpin dirinya sendiri. dalam organisasi ataupun kelompok kecil yang berisikan banyak orang, pasti akan ada yang namanya pemimpin. memang secara struktural pemimpin hanya diartikan sebagai posisi teratas dari komunitas yang ada. namun untuk lebih memaksimalkan peran dari kelompok atau organisasi yang ada, dibutuhkan yang namanya kepemimpinan.

memang sedikit mirip sih, tapi sebenarnya berbeda. pemimpin lebih diartikan sebagai posisi/kedudukan/status seseorang dalam kelompok. sedangkan kepemimpinan bisa diartikan dengan karakter atau pengaruh seseorang untuk mengatur dan mengarahkan kelompok tersebut. yang sering saya dengar dari kata kepemimpinan adalah pengaruh. kepemimpinan dapat dinilai dari seberapa besar pengaruh kita terhadap kelompok.

walaupun posisi pemimpin suatu kelompok telah kita pegang, namun sama saja tidak ada artinya kalau ternyata pengaruh kita masih biasa-biasa saja. atau malahan kita tidak punya pengaruh sama sekali, alias hanya sebagai formalitas 'boneka' saja. sebaliknya dengan pengaruh yang dimiliki, seseorang bisa saja menjadi motor untuk arah gerak suatu tim.

menurut saya inilah arti sebenarnya dari sebuah kepemimpinan. memang pemimpin itu hanya akan ada satu, misal presiden RI, pasti hanya akan ada satu. tapi belum tentu morot penggerak pemerintah ada ditangan beliau, bisa jadi jiwa kepemimpinan itu justru lebih kuat pada jajaran kabinatnya. selama itu untuk membantu kerja dari presiden, maka tidak ada masalah. namun yang sering dikhawatirnya adalah pengaruh tersebut digunakan sebagai alat untuk memanfaatkan (dalam artian negatif) seorang pemimpin, waduh yang ini namanya licik.
baik, sekarang kita lihat kembali apa dan bagaimana keberadaan kita dalam tim kita saat ini, baik dikantor, organisasi, atau kelompok kecil lainnya. apakah kita memang memiliki pengaruh yang cukup kuat untuk memimpin, atau hanya sekedar menjadi pengikut saja (yang dipimpin).
OMG! it's a great article, Share Oh!


2 komentar:

Iman Brotoseno on Friday, 11 May, 2007 said...

pemimpin itu susah dan sekaligus amanah..

toufan tambunan on Friday, 11 May, 2007 said...

sepakat mas,
dan belum tentu seorang pemimpin punya yang namanya kepemimpinan...(wah.. ini lebih susah lagi...)

 
There was an error in this gadget

Followers

Social Share

[ttm]. topan tambunan menulis Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal