Thursday, November 23, 2006

Cegah Sakit selagi Sehat


Melihat kondisi lingkungan saat ini (terutama bandung), sudah masuk pada masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. biasanya saat-saat seperti ini rawan bagi kita untuk terkena penyakit. secara logis hal ini bisa saja disebabkan karena perubahan cuaca yang begitu cepat membutuhkan penyesuaian pada diri kita. apalagi kalau kita lagi tidak fit, karena banyak tugas, jadinya terlambat makan, banyak pikiran, jarang istirahat. kalau sudah seperti ini, siap-siap saja kena penyakit. sampai dengan saat ini sudah banyak yang jadi korban, mulai dari sakit flu ringan, batuk, demam, malaria, demam berdarah, typus, cacar, dan macam lainnya. tapi intinya sama, sekuat apa tubuh kita memiliki proteksi terhadap sumber penyakit yang datang. berikut ini tips-tips ringan agar kita bisa terhindar dari penyakit.



1. Makan Teratur, karena ini bisa jadi kebiasaan. kalau memang sudah sering, maka saat waktunya tiba kita akan reflek sendiri untuk menghentikan aktifitas dan beralih mencari makan. tapi pengertian makan disini bukan sekedar 'ngemil'. asupan gizi yang cukup harus diperhatikan, tidak mesti makanan mewah, asal terpenuhi saja kebutuhan tubuh kita. makan idealnya 3 kali, pagi, siang, malam, dengan komposisi makan pagi yang secukupnya(jangan terlalu banyak). misal kita buat jadwal tetap, makan pagi jam 7, makan siang jam 12.30, makan malam jam 20.00, dengan batas toleransi molor kira-kira setengah jam.

2. Cukup Istirahat, tidak selama diidentikkan dengan tidur. karena dampaknya kita bisa saja tidur seenaknya, misal dikelas, dimobil, atau tidur pagi-malam, yang seperti ini tetap tidak sehat. memang waktu tidur tiap orang berbeda-beda, ada yang 6 jam, sampai 2 jam saja. tapi sekali lagi masalah kualitas, istirahat yang cukup. kalau memang dirasa tubuh ini sudah lemah, jangan paksakan untuk beraktifitas.

3. Olah raga, tujuannya biar badan kita bugar. olah raga pun ada ketentuannya, tidak asal lari-lari, tapi minimal detak jantung bisa maksimal (tiap orang beda-saya lupa gmana cara) atau paling tidak sampai mengeluarkan banyak keringat. olah raga tujuannya untuk kebugaran tubuh, bukan menghilangkan penyakit. jadi kalau memang sudah terserang penyakit, jangan malah paksa diri untuk olah raga. sebaiknya olah raga rutin dilakukan 2x 1 minggu.

4. Positive Thinking, ini penting karena hampir seluruh tubuh kita justru dikuasai oleh pemikiran kita. terutama untuk tetap melakukan hal-hal yang positif. misalnya dengan tidak merokok, jangan main petasan, jangan berkelahi dengan orang (apalagi beruang), artinya tindakan dan pemikiran harus positif. kalau tidak bersiaplah sakit atau disakiti.

5. Hidup Bersih, seperti kata pepatah, kebersihan pangkal kesehatan. jadi tidak perlu saya jabarkan panjang lebar disini. yang penting jangan sekedar menjaga kebersihan (ngapain juga kebersihan dijaga). mandi yang teratur, buang sampah pada tempatnya, cuci tangan sebelum makan, gosok gigi sebelum tidur, ganti pakaian kalau sudah kotor, dan yang lainnya

6. Do'a, hakikat kesehatan adalah milik Allah. sama halnya dengan jodoh, rezeki, ajal, dll, jadi jangan sungkan-sungkan untuk selalu memohonkan kesehatan kepada Allah atas diri kita sendiri.

buat temen-temen yang minggu kemarin banyak kena sakit, saya mengajak untuk kita lebih memperhatikan pola hidup kita kembali, lebih peduli dengan dirinya sendiri. dan jangan lupa kita saling mengingatkan untuk tetap dalam kesehatan.


OMG! it's a great article, Share Oh!


0 komentar:

 
There was an error in this gadget

Followers

Social Share

[ttm]. topan tambunan menulis Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal