Wednesday, March 21, 2007

Debat Kusir, jangan

Debat kusir sering digunakan orang sebagai istilah untuk diskusi yang tak berguna dan tiada habisnya. Merupakan gabungan dari dua kata, yaitu debat dan kusir. Debat bisa kita artikan dialog aktif dua arah, atau diskusi. Sedangkan kusir itu yang mengemudikan delman, kendaraan zaman dulu yang pakai kuda sebagai penariknya, pasti semua sudah tahu. Bahasa lainnya delman, dokar, sado, atau apalah namanya. Lalu apa hubungan debat kusir ?

Ini cerita yang saya tahu. Coba kita ingat-ingat bagaimana posisi duduk kusir, posisinya membelakangi penumpang, atau menyamping. Karena jika berhadapan dengan penumpang sadonya bisa jadi nabrak. Jadi dari sudut pandangnya saja sudah berbeda, dilihat dari posisi duduknya dengan penumpang.

debat kusir saya artikan sebagai dialog antara kusir dengan penumpangnya.
Contoh pecakapan :
Penumpang : “wah…. Pemandangannya bagus ya…” (disamping jalan ada sawah terhampar luas..)
Kusir : “apanya yang bagus bu, dari tadi yang diliat Cuma jalan lurus aja kok, bosenin” (pandangan kusir kedepan, yang ada cuma jalan lurus).

Ya nggak nyambung…!! Dan kalau dilanjutin, bakalan makin ngelantur.
Atau ada contoh lain.

Misal pak kusir tiba-tiba kentut, otomatis alirannya langsung ke penumpang (karena membelakangi tadi). Nah, penumpang akan bertanya, “bapak kentut ya…kok saya nyium bau kentut sih pak !! ”, tanya penumpang. Pak kusir berkata, “ah… perasaan nggak…ini mah bau kotoran kuda”, (karena kusir langsung menghadap pada pantat kuda). “nggak kok saya yakin ini bau kentut”, timpal sang penumpang. “lho ibu jangan nuduh saya gitu dong, saya nggak nyium bau kentut, yang saya cium kotoran kuda”, sanggah kusir. “oohhh…. Gitu, jadi bapak nggak mau ngaku kalo udah ngentutin saya”, kata penumpang, “kalo gitu saya turun disini aja…”, kata penumpang marah (padahal emang sudah nyampe tempat tujuan). “oi… bu, bayar dong, kok maunya gratisan”, kata kusir makin panas. “enak aja, saya nggak mau bayar gara-gara nyium kentut bapak !!”, kata penumpang sambil kabur sewot.

Tuh..kan makin nggak bener. Ini Cuma ilustrasi dari debat kusir. Diawali dengan sudut pandang yang nggak nyambung, ditambah lagi masing-masing pihak egois, lalu diakhiri dengan pertengkaran.
OMG! it's a great article, Share Oh!


3 komentar:

artja on Friday, 23 March, 2007 said...

hahah... ilustrasi tentang debat kusir lucu banget. topan bisa ajah...

CempLuk on Saturday, 24 March, 2007 said...

debat kusir sebuah perdebatan antara 2 sosok manusia atau lebih yg gak ada ujung nya.(waduh kok jadi inget pelajaran bhs indonesia dulu ya waktu sma *gubrak*)..

aroengbinang on Saturday, 31 March, 2007 said...

bagus ilustrasi debat kusirnya bung; kadang hanya sisi pandang beda untuk hal nyg sama, namun masing2 pihah tuna rungu, gak mo ngerti sisi pandang yg lain. salam.

 
There was an error in this gadget

Followers

Social Share

[ttm]. topan tambunan menulis Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal