Tuesday, April 03, 2007

Distributed System (Protocol Engineering)

Distributed system dalam bahasa Indonesia artinya sistem yang terdistribusi. pengertiannya, sekumpulan komputer tunggal yang tersambung dengan jaringan komputer dan dilengkapi dengan sistem perangkat lunak yang terdistribusi, sehingga membentuk suatu fasilitas komputasi yang terintegrasi. cukup panjang, ini saya ambil langsung dari slide pengajaran rekayasa protokol.

tapi secara istilah kita pasti sudah tahu apa itu distributed system (DS). proses yang terkait dengan DS ini adalah :
proses yang konkurent/concurrently, contohnya saya makan sambil mandi pas pergi ke kampus, tiga kegiatan dilakukan dalam satu waktu. bisa jadi saling mempengaruhi.
interact, saling berhubungan untuk mencapai tujuan bersama.
saling tukar messages, melakukan kordinasi melalui komunikasi jaringan.

penerapan secara umum terjadi pada koneksi Internet atau Intranet. ada server,client,dll

Model service dari DS pun bermacam-macam. Beberapa yang populer adalah model client-server, proxy server, multiple server, atau yang lainnya.

contohnya dalam dunia Internet/Jaringan, kita sering menggunakan aplikasi yang berhubungan dengan DS. yang jelas ada 3 sudut pandang ketika kita bicara tentang aplikasi yang terdistribusi:
datanya terdistribusi,
prosesnya terdistribusi,
dan usernya juga terdistribusi.
jadi kalo masih menggunakan 1 komputer tapi yang gunainnya rame-rame, sama saja boong, itu belum DS.

Apa yang dibutuhkan untuk men-Design atau men-Develop Distributed System/Distributed Aplication? ada 2 pendekatan yang diutarakan oleh pak Bayu (dosen Rekayasa Protokol), dengan pendekatan :

  • Middleware-based, pada pendekatan ini DA yang berjalan akan dipecah menjadi modul-modul/objek untuk kemudian didistribusikan (pada middleware-layer) melalui network. middleware bisa dikatakan sebagai perantara(mediation), yaitu antara application-layer dan Operating system-layer. Middleware yang pertama berinteraksi dengan OS untuk kemudian mengakses Network. beberapa format dari Middleware : TP(Transaction Processing), RPC(Remote Procedure Call), MOM(Message-Oriented Middleware), Object-oriented Middleware(CORBA,Java/RMI,COM/DCOM).

  • Protocol-based, berbeda dengan middleware-based, tidak ada perantara(mediation) antara application dan OS. sehingga designer dapat secara bebas mendefinisikan protokol berdasarkan OSI atau TCP/IP atau lainnya. protokol akan langsung berinteraksi dengan OS untuk komunikasi data.
(bener nggak ya...)
slide pak fazmah berkata, "One of the [advantages| disadvantages] of protocol-based approach is we [can| have to] formally validate and verifydesign and implementation." (hii....lucu juga...).


OMG! it's a great article, Share Oh!


1 komentar:

Anonymous said...

halo...saya mo buat skipsi ni tentang distributed system.bisa ngak minta tlg ngasi saran ato bahan..e-mail ku di wiradi_78@yahoo.co.id

 
There was an error in this gadget

Followers

Social Share

[ttm]. topan tambunan menulis Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal