Thursday, February 22, 2007

Blogwalking jangan sia-sia

Aktifitas blogwalking, terkadang dikonotasi sebagai suatu hal hina dan negatif. tapi tidak ada salahnya kan kalau kita lihat apa sisi positifnya. karena kegiatan ini bisa dibilang sudah menjadi aktifitas wajib para blogger bahkan para netter. mulai dari sekedar searching, kenalan, curi data, liat-liat template, atau sekedar nyampah komentar.

saya sedang mencoba untuk dapat menjadi penulis yang baik. bagi saya skill menulis harus kita miliki sebagai bekal untuk masa depan. berbagai metode penulisan yang pernah saya baca dan pelajari, telah coba saya terapkan, salah satunya lewat blog ini. tapi bagi saya itu belum cukup, karena menulis bukan hanya sekedar teori tentang jurnalistik, tapi ini adalah hal yang sensitif, butuh perasaan yang lebih mendalam untuk bisa menciptakan tulisan yang baik. saya dapatkan itu ketika menjadi blogwalking. membaca tulisan orang lain, mengetahui gaya bahasa dan penulisannya, merupakan buah kerja dari blogwalking. karena setiap orang punya ide dan karakter tertentu dalam penulisannya. saya yakin untuk menjadi penulis yang baik kita juga harus sering membaca.

tingkatan selanjutnya, tidak hanya sekedar membaca tulisan orang dan mengetahui gaya penulisannya. saya perlu untuk mengasah kemampuan menganalisa suatu tulisan, mungkin salah satunya lewat kritikan terhadap tulisan tertentu. memberikan komentar adalah salah satunya, idealnya sih harus komentar yang berbobot. tapi terkadang keluar juga banyolan atau komentar yang Ga' Je. kita bisa melakukannya cukup dengan blogwalking, paing tidak salah satunya.

sejak empat tahun lalu menyatakan diri bergabung dengan dunia informatika, maka sedikit banyak harus berinteraksi dengan programming. salah satu yang saya sukai adalah web programmin, selain mudah diaplikasikan, web programming saat ini juga sedang banyak berkembang. banyak belajar programming, banyak-banyaklah utak-atik blog. sekaligus belajar HTML, CSS, Javascript ato XML. mungkin kalo yang lebih jago bisa sekaligus belajar PHP dan Mysql. inspirasi perkembangan terbaru dari dunia aplikasi internet, lebih banyak saya dapatkan melalui blogwalking.

bukan suatu hal yang burukkan ? blogwalking pasti akan punya nilai positif, tergantung sejauh mana kita menggunakannya. mayoritas penggunaan blogwalking, bertujuan untuk menambah friend di dunia cyber. makin banyak walking, makin banyak temen.
OMG! it's a great article, Share Oh!


15 komentar:

Unknown on Sunday, 25 February, 2007 said...

Jalan-jalan Sore juga enak pan,..
btw, iya tuh jalan2 blog banyak juga membuka wawasan kita. tetapi kadang kita juga harus siap-siap melihat hal-hal yang tidak seharusnya, apalagi kalau sudah berbau sara.

piss..

Unknown on Sunday, 25 February, 2007 said...

maksudnya...sara... sara azhari ??

itu kan menurut mas arki, bisa saja menurut orang lain itu tidak sara..

Anonymous said...

blogwalking = silaturahim;
silaturahim = nambah rejeki;
nambah rejeki = nambah umur;
blogwalking = nambah umur

Iman Brotoseno on Wednesday, 28 February, 2007 said...

saya juga lagi blogwalking mencari ilmu disini koq...

Rey on Wednesday, 28 February, 2007 said...

weits... gue termasuk yang lebih sering blogwalking daripada ngapdet. Bener tuh kita jadi bs tau gaya menulis org lain, bisa memperkaya tulisan kita juga, misalnya dr BW dapet ide buat tulisan, selain itu mungkin bs memperkaya perbendaharaan kata juga.

Cuman kl dalam hal menulis, gue tetep punya gaya sendiri, dan sejauh ini msh gak bisa niru gaya org lain, walopun tulisan org lain tu jauh lbh bagus dr tulisan gue.

Jadilah diri sendiri dalam menulis. Be yourself or be dead (halah...)

artja on Thursday, 01 March, 2007 said...

ahmad tohari, pernah bilang, bahwa untuk jadi penulis yang baik, harus rakus membaca. jadi, blogwalking memang nggak boleh sia-sia. harus bisa sekalian belajar, walaupun tiap orang memang akan punya gaya menulisnya masing-masing yang tidak mungkin persis sama dengan gaya menulis orang lain. kalau saya sih, senang gaya menulis sambil tiduran di dipan tempat tidur), atau duduk bersila di depan meja jepang, yang tingginya paling-paling hanya 20 cm ajah kalau kamu senang gaya menulis seperti apa, Pan?

Unknown on Thursday, 01 March, 2007 said...

mas artja :
saya mulai canggung kalo nulis tidak dgn komputer, tapi enaknya sambil ditemenin musik n cemilan, posisi sih terserah....

mba rey :
sepakat tuuh, kita emang pasti punya gaya masing2x... terserah masing2x laah...(heheee...)

mas iman :
justru saya suka gaya nulisnya mas iman, mnurut sy bagus..

mas acha :
ati2x, nambar umur = nambah dosa..

Anonymous said...

Blogwalking alias JJR mayan bwat tukerang sekalina promosi blog kita :P

kie on Tuesday, 19 May, 2009 said...

ikutan ahhh... blog walking nih :D
lam kenal

Ryan on Sunday, 20 September, 2009 said...

Lebih baik baca" dan blogwalking kan daripada yg engga"
hehe
Nice Post :)

diggpoints on Wednesday, 21 October, 2009 said...

salam kenal.ikut blogwalking bwt nambah teman n ilmu.

Akhza on Wednesday, 09 December, 2009 said...

Ikutan blogwalking ah

best phone apps on Friday, 11 December, 2009 said...

benar mas, dengan blog kita bisa melatih dan meningkatkan skill tulisan kita.
salam kenal ya
:D
blogwalking ke blog saya ya..hehehe

Kadek Herda on Saturday, 09 January, 2010 said...

weee... wish list nya gadget bangets.. :-)

sahuji on Wednesday, 13 January, 2010 said...

Ayo kita blog walking-walking. Salam kenal, from new blogger

 

Followers

Social Share

[ttm]. topan tambunan menulis Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal