Saturday, February 17, 2007

Mounting Paling Asik

bagi para pengguna linux, saya yakin mounting adalah aktifitas yang sudah tidak asing. mount menurut definisi saya artinya menautkan device yang kita gunakan ke suatu directory. misalnya hardisk atau flash disk. kita akan coba dari cara paling klasik dalam melakukan mounting. cukup ikuti perintah dibawah ini :
mount -t vfat /dev/hda1 /mnt/windows

maksud dari perintah diatas adalah melakukan mount dengan tipe system file adalah vfat (untuk fat32), yang dibaca sebagai device pada direktori /dev/hda1 dan ditautkan kedirektori /mnt/windows.
seluruh properti tentang device linux terdapat pada direktori /dev . namun kita tidak dapat langsung membaca isi hardisk sebelum di mount, hardisk terdapat pada hda, hdb, hdc dan seterusnya. sedangkan untuk usb kita bisa gunakan sda1, sda2 dan seterusnya. untuk melihat apa saja yang terdapat di /dev , coba ketikkan perintah :
ls /dev
tipe file yang digunakan bisa berupa vfat (untuk fat32) atau ntfs (untuk ntfs), ext3, reiserfs, hfs dan banyak lagi, tergantung jenis tipe system file dari partisi hardisk anda.
untuk melakukan pelepasan tautan, lakukan saja perintah
umount /mnt/windows
anda tidak perlu khawatir melakukan mount berulang-ulang setiap memakai linux, karena bisa juga dilakukan mounting secara otomatis. dengan mengedit file /etc/fstab dengan editor. ini salah satu contoh perintah didalamnya
/dev/hda8 /mnt/hiburan vfat defaults 1 0
bagaimana untuk usb drive atau flash disk?
coba tambahkan sintax berikut pada file /etc/fstab,
/dev/sda1 /mnt/usb vfat noauto,owner 0 0
tapi jangan lupa sebelumnya untuk membuat folder usb di dalam /mnt.
save, dan ketika nanti akan menggunakan flash disk, cobalah dengan KwikDisk
klik logo tersebut, trus pilih aja drive mana yang akan anda mount atau umount, sesuai dengan list data yang ada dalam file /etc/fstab anda. mudah khan...!! semudah anda menggunakan windows. saya mencoba kwikdisk di slackware KDE 3.4, untuk Gnome ini tidak berlaku. bagi pengguna gnome, anda bisa mengunakan sintax manual yang diatas tadi.
selamat mencoba.
OMG! it's a great article, Share Oh!


0 komentar:

 
There was an error in this gadget

Followers

Social Share

[ttm]. topan tambunan menulis Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal